Pemimpin Muda, Penggerak Demokrasi

Pemimpin Muda, Penggerak Demokrasi

Jumat, 22 November 2024 11:18 WIB
54 | -


Pemimpin Muda, Penggerak Demokrasi


Tujuan Projek

  1. Menanamkan nilai-nilai demokrasi pada siswa, seperti keadilan, partisipasi, dan kebebasan berpendapat.
  2. Melatih siswa dalam membuat keputusan secara kolektif melalui musyawarah.
  3. Membekali siswa dengan kemampuan berpikir kritis dan berkomunikasi secara efektif.
  4. Mengembangkan rasa tanggung jawab terhadap keputusan bersama.

Dimensi Profil Pelajar Pancasila yang Dikembangkan

  1. Bernalar Kritis: Melatih siswa dalam menganalisis isu, memahami dampak keputusan, dan mengevaluasi berbagai sudut pandang.
  2. Gotong Royong: Melibatkan siswa dalam proses kerja sama untuk mencapai tujuan bersama.
  3. Mandiri: Melatih kemandirian dalam mengambil peran dan tanggung jawab dalam tim.

Tahapan Projek

1. Pemahaman Demokrasi

  • Kegiatan: Diskusi dan pembelajaran tentang prinsip-prinsip demokrasi:
    • Apa itu demokrasi?
    • Nilai-nilai dasar demokrasi seperti keadilan, kebebasan, dan partisipasi.
    • Simulasi peran masyarakat dalam pengambilan keputusan.
  • Output: Pemahaman dasar siswa tentang demokrasi melalui mind-map atau catatan visual.

2. Simulasi Pemilihan Umum

  • Kegiatan: Siswa akan mensimulasikan pemilu sederhana:
    • Membentuk partai kecil atau kelompok dengan visi dan misi tertentu.
    • Membuat kampanye berupa poster, video, atau orasi singkat.
    • Proses pemungutan suara dengan TPS sederhana.
  • Output:
    • Kampanye kreatif.
    • Pemungutan suara dan penghitungan hasil.

3. Forum Diskusi dan Musyawarah

  • Kegiatan:
    • Siswa dibagi menjadi kelompok untuk mendiskusikan isu sekolah (misalnya, kebijakan tata tertib atau pemilihan kegiatan ekstrakurikuler).
    • Melalui musyawarah, kelompok akan menghasilkan keputusan yang adil dan diterima bersama.
  • Output: Dokumentasi proses diskusi dan hasil keputusan.

4. Refleksi dan Evaluasi

  • Kegiatan: Setiap siswa menulis refleksi pribadi tentang:
    • Pengalaman berpartisipasi dalam proses demokrasi.
    • Apa yang mereka pelajari tentang pentingnya mendengar pendapat orang lain.
  • Output: Laporan refleksi tertulis.

Alokasi Waktu

  • Durasi: 4–6 minggu
  • Frekuensi: 2 jam/minggu

Asesmen

  1. Proses:
    • Partisipasi aktif siswa dalam diskusi dan kegiatan.
    • Kemampuan bekerja sama dalam kelompok.
  2. Produk:
    • Karya kampanye, laporan diskusi, atau video simulasi pemilu.
  3. Refleksi:
    • Kedalaman pemahaman siswa tentang prinsip demokrasi.

Output Akhir

  • Video atau dokumentasi kegiatan simulasi demokrasi.
  • Laporan refleksi siswa.
  • Poster kampanye atau produk kreatif lainnya.

 


Komentar

×
Berhasil membuat Komentar
×
Komentar anda masih dalam tahap moderator
1000
Karakter tersisa
Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar di sini